Pertanyaan Pewawancara: "Apa yang Membuat Anda Unik?"

Disaat anda sedang melamar sebuah pekerjaan, seperti hal umum ada kemungkinan besar bahwa keterampilan dan sifat kepribadian anda mengalami tumpang tindih dengan kandidat lain yang juga melamar untuk posisi yang sama dengan anda. Sehingga pada saat yang sama juga, sudah tentu saja akan ada pengalaman dan kemampuan yang anda miliki secara khas dan unik.

Nah, untuk mengidentifikasi itu apa yang membuat diri anda memang berbeda dari pencari kerja lain di bidang itu, seorang manajer HRD biasa mengajukan pertanyaan wawancara populer yaitu, apa sih yang membuat anda unik?.

Sehingga gunakanlah kesempatan ini untuk segera menunjukkan kualitas yang relevan membuat anda adalah kandidat paling cocok untuk posisi itu. Anda harus menyiapkan jawaban yang jujur ​​dan informatif, sehingga anda akan membantu pemberi kerja mengenali aset berharga yang akan anda bawa ke perusahaan mereka.

Dan dibawah ini adalah beberapa tips dan contoh yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda menentukan cara menmenjawab pertanyaan tersebut.

Sebelum kita elaborasi, mengapa seorang pewawancara bertanya, “Apa yang membuat Anda unik?”. Manajer HRD sering memasukkan pertanyaan ini untuk melakukan identifikasi mengenai kandidat akan keterampilan atau kualitas apa yang membuat anda sebagai kandidat lebih cocok untuk posisi ini daripada kandidat lain yang mungkin mereka wawancarai. Sementara itu, apabila ratusan profesional lain dengan keahlian yang hampir sama juga sudah melamar untuk posisi tersebut, untuk apa mereka harus mempekerjakan Anda?

Dan untuk alasan kedua adalah mengapa manajer HRD mengajukan pertanyaan itu adalah untuk memahami apa yang anda hargai tentang diri anda sendiri. Semua hal yang anda tekankan dalam jawaban anda juga bisa menjadi kekuatan kritis yang terus anda upayakan untuk bisa ditingkatkan di kemudian hari. Perusahaan mencari kekuatan yang luar biasa atau biasa disebut soft skill yang mungkin belum Anda masukkan dalam resume atau CV anda tersebut, akan tetapi bisa membantu anda melakukan pekerjaan dengan baik nantinya.

Adapun tips untuk mempersiapkan anda menghadapi pertanyaan itu adalah, 

Alih-alih anda mencoba mengidentifikasi hal lain yang membedakan anda dari semua pelamar yang lain, disarankan lebih baik fokus pada mengapa mempekerjakan anda akan menguntungkan perusahaan itu. Dikarenakan anda tidak akan mungkin mengenal pelamar lainnya, sehingga mungkin akan sulit untuk memikirkan jawaban anda akan terkait dengan mereka. Mengandalkan mengapa latar belakang anda membuat anda sangat cocok akan membuat perusahaan tahu mengapa sifat dan kualifikasi anda ini membuat anda lebih siap dibanding yang lain.

Dibawah ini adalah empat hal yang bisa anda lakukan untuk membantu anda mencoba mengidentifikasi sifat unik yang paling relevan yang anda miliki:

Hal pertimbangkan apa yang menurut perusahaan sangat bernilai.

Perusahaan menginginkan kandidat yang akan membawa antusiasme, keterampilan, atau kemampuan yang akan membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka. Cobalah luangkan waktu untuk secara berhati-hati mempelajari uraian pekerjaan dan mencari informasi tentang tujuan spesifik yang diharapkan oleh perusahaan yang akan dicapai, kemudian lanjutkan dengan mengidentifikasi kekuatan yang anda miliki yang selaras dengan kebutuhan perusahaan itu.

Akan saya berikan contoh, jika anda sedang melamar posisi manajemen tim dan deskripsi pekerjaan yang menyoroti dorongan perusahaan untuk memfasilitasi komunikasi lintas departemen, maka anda bisa menceritakan kemampuan anda untuk menyatukan orang-orang di sekitar tujuan bersama dan membuat dorongan dalam pengaturan sebuah grup yang anda ada di dalamnya.

Kemudian lihatlah latar belakang dan pengalaman anda sebelumnya juga.

segera pikirkan kembali disaat-saat anda berhasil di posisi sebelumnya atau saat anda dipuji atau dihargai oleh atasan anda sebelumnya. Hal apa yang anda lakukan untuk mendapatkan pengakuan? tentang sifat, keterampilan, keaktifan, atau kemampuan apa yang membantu anda mencapai kesuksesan? Hal apapun yang anda capai adalah sesuatu hal yang mungkin dihargai oleh manajer lain dalam diri karyawan baru.

Seperti, seorang profesional penjualan yang sangat berbakat mungkin sudah memiliki pengalaman menangani beberapa klien yang tidak senang atau mengembalikan barang yang hilang. Untuk hal ini, keterampilan yang unik untuk mereka mungkin kemampuan anda untuk memahami ketika seseorang tidak senang dan dengan cepat mencoba mencari strategi untuk meredakan dan mengatasi masalah mereka itu.

Segeralah akui sifat kepribadian anda yang paling bisa dibanggakan.

Juga pertimbangkan kekuatan yang disorot oleh karyawan sebelumnya dan sifat-sifat yang disenangi oleh teman dan keluarga anda. Selanjutnya itu, cari cara agar anda dapat menerapkan aspek-aspek kepribadian anda itu untuk bisa unggul dalam pekerjaan.

Seperti contoh, katakanlah orang lain mengakui anda adalah seorang yang sabar dan berdedikasi. Dan dalam hal ini, maka anda dapat membagikan bagaimana kesabaran dan kegigihan anda untuk membuat anda tetap bisa tenang dan jernih dalam kondisi stres tinggi atau tekad anda juga untuk mencapai tujuan meskipun ada tekanan kuat.

Harus tetap juga diingat, bahwa anda tidak harus bahwa anda menjadi satu-satunya di perusahaan itu.

Hindari atau jangan biarkan kata "unik" itu membingungkan atau juga mengintimidasi anda. Karena manajer HRD mencari keterampilan yang menarik, mereka juga tidak mengharapkan anda untuk membagikan sesuatu yang tidak seperti jawaban apa pun yang pernah mereka dengar terutama jika itu tidak relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Seperti contoh, jika anda melamar posisi untuk layanan pelanggan, perusahaan mungkin tidak tertarik mendengar tentang keterampilan memasak Anda. Ataupun juga, kelancaran dalam berbagai bahasa mungkin tidak terlalu umum akan tetapi keterampilan yang berharga ini mungkin cukup untuk membuat calon layanan pelanggan di divisi itu berbeda dari pelamar lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh jawaban untuk membantu anda menentukan cara menjawab pertanyaan, Apa yang membuat Anda unik?;

Adapun kemampuan alami saya untuk berorganisasi membuat saya unik. Karena dalam peran saya sebelumnya sebagai asisten administrasi, saya terbiasa hadir dengan rencana untuk menata kembali lemari persediaan kantor berdasarkan kategorinya. Karena barang akan lebih mudah untuk ditemukan, maka kami memesan lebih sedikit barang dan menghemat 30% untuk persediaan kantor dari tahun ke tahun. ”

Hal lain apa yang membuat saya unik adalah kemampuan yang saya miliki untuk dengan mudah berempati dan berhubungan dengan orang lain. Keterampilan saya ini membantu saya dalam peran saya sebelumnya sebagai seorang eksekutif akun online yang bertugas mencari calon pelanggan di akun baru. Karena saya dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memahami titik dan tantangan kebutuhan mereka, maka saya dapat membangun kepercayaan dan membangun hubungan yang baik yang tentu mendorong saya untuk secara konsisten melampaui target saya. ”

Juga seperti yang membuat saya unik adalah ketika pengalaman saya selama empat tahun di perusahaan ritel. Karena saya sendiri memiliki pengalaman langsung dengan sejumlah pertanyaan dari pelanggan, umpan balik, dan keluhan pembeli, saya tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Dan saya tahu juga apa yang dibutuhkan untuk menciptakan pengalaman konsumen yang positif melalui pemasaran.