Grant Officer di YAPPIKA-ActionAid, Jakarta

 YAPPIKA ActionAid adalah organisasi nirlaba yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia yang bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia. Pada Tahun 2016, resmi bergabung menjadi anggota Federasi ActionAid Internasional. Sedangkan ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.

 

 

YAPPIKA-ActionAid mengundang para profesional yang berkompeten, berpengalaman dan berkomitmen untuk mengisi posisi berikut:

 

Grant Officer

Tugas Utama dari posisi ini :

Posisi ini dituntut untuk melakukan kontrol akuntabilitas pengelolaan keuangan terus meningkat, dimana perlu adanya kontrol bertahap terhadap pengelolaan keuangan program oleh mitra serta pemisahan antara compliance process dan proses akuntansi. Dan dibutuhkan dedicated person untuk mengembangkan instrumen dan pelaksanaan kontrol kualitas dan kepatuhan pengelolaan keuangan program oleh mitra.

 

Peran dan Tanggung Jawab :

§  Bertanggung jawab dan memberi dukungan kepada Head of Programme dan Finance Manager dalam mengembangkan sistem penyaluran dana hibah program (grant) ke organisasi mitra kerja YAPPIKA-ActionAid.

§  Memberikan dukungan kepada Head of Programme dalam mengelola grant mulai dari meninjau proposal; due diligentreview pengajuan pencairan dana, memantau penggunaan dana, melakukan pemeriksaan laporan dana hibah; audit internal secara berkala; hingga menutup pemberian dana hibah.

§  Memberikan dukungan kepada Head of Programme dan Finance Manager dalam menyusun panduan pengelolaan Grant yang akan menjadi rujukan bagi organisasi mitra kerja YAPPIKA-ActionAid. Termasuk melakukan adaptasi panduan sesuai dengan ketentuan (compliance) dari donor atau federasi.

§  Memberikan kegiatan peningkatan kapasitas dan pendampingan yang dibutuhkan oleh organisasi mitra kerja terkait dengan penggunaan dan pertanggungjawaban dana hibah.

§  Berkontribusi terhadap pengembangan YAPPIKA-ActionAid secara kelembagaan dan penerapan prinsip serta kebijakan Federasi ActionAid.

§  Melakukan tugas-tugas administrasi sesuai dengan bidang kerjanya, termasuk mengelola sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya.

 

Kualifikasi :

§  Memiliki pengalaman minimal 3 tahun dalam pengelolaan dana hibah, keuangan, atau manajemen dan monitoring program organisasi nirlaba.

§  Pendidikan minimal S1 atau lebih, diutamakan berasal dari jurusan manajemen, keuangan, hukum.

§  Memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pengendalian keuangan dan anggaran yang efektif.

§  Pengalaman bekerja dengan auditor eksternal.

§  Memiliki komunikasi tertulis dan verbal yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

§  Memiliki keterampilan memfasilitasi atau memimpin pertemuan-pertemuan.

§  Terampil menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint, dsb).

§  Memiliki kemampuan membangun relasi kerja yang baik dengan internal tim kerja dan organisasi mitra kerja.

§  Bersedia untuk melaksanakan prinsip-prinsip dan kebijakan YAPPIKA-ActionAid serta Federasi ActionAid.

§  Bersedia bekerja dalam lingkungan kerja yang menjunjung tinggi keberagaman dan non diskriminatif.

§  Bersedia bekerja dengan jadwal yang fleksibel, serta melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah kerja YAPPIKA-ActionAid.

 

Silahkan mengirimkan aplikasi dan juga CV dengan subject : GO_<nama> ke recruitment@yappika-actionaid.or.id selambat-lambatnya 08 Mei 2021. Semua aplikasi akan diperlakukan secara rahasia. Hanya kandidat terpilih akan dihubungi dan diundang untuk wawancara.

Mohon juga menyertakan referensi sebanyak 2 (dua) orang (nama, nomor telepon, alamat email, organisasi dan posisi) di dalam CV.