Dibutuhkan Segera: Konsultan Media Partnership Produk Komunikasi Showcasing Prevention+

Konsultan Media Partnership Produk Komunikasi

Showcasing Prevention+

Rutgers WPF Indonesia adalah lembaga nirlaba lokal yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan kekerasan berbasis gender dan seksual. Rutgers WPF Indonesia mengembangkan dan mempromosikan pendidikan seksualitas yang komprehensif untuk beragam kategori usia dan kebutuhan, serta mendorong penguatan akses layanan kesehatan reproduksi dan seksualitas ramah remaja. Selain berfokus di isu HKSR, Rutgers juga berfokus pada isu kesetaraan dengan mendorong pelibatan laki-laki dalam pencegahan kekerasan berbasis gender.

Sejak 2016-2020, Rutgers WPF Indonesia bergerak dalam upaya pencegahan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) melalui program Prevention +, dengan bermitra dengan berbagai organisasi lokal di Jakarta, Lampung, Solo dan Yogyakarta maupun dengan Lembaga pemerintah baik di tingkat nasional maupun Bersama mitra dengan Pemerintah Daerah. Implementasi selama ini menghasilkan beberapa layanan maupun praktek dan kebijakan yang berkontribusi pada pencegahan KGB, diantaranya:


a)      Konseling kekerasan berbasis gender (KBG) serta Dampingan korban kekerasan


b)     Diskusi serial komunitas dalam rangka pencegahan KBG dan pelibatan laki-laki


c)      Pelatihan-pelatihan dengan tema kesetaraan gender dan pelibatan laki-laki kepada kelompok tokoh agama, petani, jurnalis, serikat perempuan, dan seterusnya.


d)     Kampanye media social


e)      Lobi dan advokasi kepada pemerintah baik di pemerintah pusat maupun daerah


f)      Kolaborasi dengan KUA setempat untuk mengintegrasikan nilai-nilai kesetaraan gender di dalam rumah tangga bagi calon pengantin hingga menjadi komitmen Bersama melalui Pakta Kesalingan yang diucapkan pada saat Akad Nikah;


g)     Pelatihan mengenai pencegahan kekerasan berbasis gender bagi keluarga petani, di Metro Lampung;


h)     Konseling mengenai kekerasan berbasis gender bagi remaja warga binaan di LPKA di Solo;


i)       Berbagai perubahan sikap dari kelompok laki-laki di Yogyakarta maupun Lampung setelah mengikuti rangkaian kegiatan Diskusi Komunitas.

Dengan tahun 2020 sebagai tahun terakhir implementasi program, masa ini merupakan masa showcasing (menampilkan/gelar karya) hasil-hasil dan pendekatan yang digunakan selama implementasi Program P+ di Indonesia. Oleh sebab itu dibutuhkan produk komunikasi yang tersusun secara strategis sehingga tidak hanya menampilkan hasil kerja selama lima tahun tetapi juga menjadi referensi perencanaan pembangunan di bidang pencegahan kekerasan berbasis gender di Indonesia. Dengan demikian, produk-produk ini perlu disusun sesuai dengan kegunaannya serta pihak penerima manfaatnya secara strategis. Pada dasarnya produk komunikasi ini untuk digunakan oleh audience dari kelompok berikut:


a)      Publik Anak muda (Diutamakan laki-laki)


b)     Publik dewasa (Diutamakan laki-laki)


c)      Pemerintah

Untuk memastikan bahwa produk Komunikasi P+ yang dihasilkan berkualitas dan menjangkau targeted audience, maka Rutgers WPF Indonesia memerlukan Konsultan Media Partnership yang akan mendukung Tim P+ dan Communication Rutgers WPF Indonesia dalam mendiseminasikan hasil kerja (showcasing) program P+ melalui media.

Uraian Tugas


a)      Mengembangkan strategi kemitraan (partnership) media yang ditargetkan untuk menjangkau target audiens yang tepat


b)     Mengidentifikasikan peluang kemitraan dengan berbagai platform media baik daring maupun luring


c)      Melakukan kontak dan menjaga komunikasi dengan media mitra dalam rangka showcasing program P+


d)     Menganalisis trend media untuk dapat meningkatkan engagement konten-konten P+ yang tepat guna dan tepat sasaran


e)   Meningkatkan jangkauan kampanye akan isu yang diusung program P+ melalui media


f)      Berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Tim Komunikasi dan Tim Program P+ dari Rutgers WPF Indonesia untuk menyelesaikan pekerjaan


g)     Pekerjaan dan proyek lain seperti yang ditugaskan terkait Media Partnership

Produk/keluaran Media Partnership Showcasing P+


a)      Siaran showcasing di Radio


b)     Paid article di media yang strategis


c)      Ads banner di website media mitra


d)     Paid promote content di media sosial


e)      Online podcast (pakai platform media tersebut)


f)       Youtube live

Periode Kerja


Konsultasi ini berlangsung dari September sampai dengan Oktober 2020.

Kualifikasi


Sebagai konsultan media partnership, diharapkan memiliki motivasi dan proaktif dengan kombinasi yang tepat antara pengalaman dan skill yang kuat, dengan kualifikasi sebagai berikut:

a)      Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik


b)     S1di bidang pemasaran, PR, komunikasi, jurnalistik, atau bidang terkait


c)      Memiliki pengalaman dalam berjejaring dan bekerja sama dengan media massa


d)      Memiliki pengalaman dalam mengidentifikasi dan membuat kampanye berdampak untuk target audiens yang tepat


e)      Menunjukkan keterampilan interpersonal yang kuat, termasuk untuk berkomunikasi secara internal / eksternal secara efektif


f)      Proaktif, bermotivasi tinggi, dan mampu bekerja secara mandiri dengan pengawasan minimal.


g)   Memiliki kemampuan manajemen dan mengelola waktu secara efisien; termasuk untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat serta dapat menyesuaikan kondisi yang berubah


h)     Memiliki kefasihan dalam Bahasa Indonesia tertulis dan lisan, serta memahami Bahasa Inggris (Basic)


i)       Memiliki pemahaman dan perhatian besar dalam isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan gender, pencegahan kekerasan seksual, perlindungan anak, serta hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi akan sangat dipertimbangkan

Bagi yang berminat mencoba kesempatan ini, dapat mengirimkan CV terkini dengan portofolio ke recruitment@rutgers.id  sebelum tanggal 15 September 2020 dengan menuliskan “Media Partnership” pada bagian subject.  


Only shortlisted candidates will be notified.


RutgersWPF Indonesia gives equal employment opportunities regardless of gender, sexual orientation, and religion.